Cara Merawat Kulkas agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

Cara Merawat Kulkas agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

Cara Merawat Kulkas – Salah satu produk elektronik yang sering digunakan adalah kulkas atau lemari pendingin. Lemari pendingin atau sering di sebut kulkas merupakan sebuah produk elektronik yang menggunakan proses refrigerasi (pendinginan) untuk menyimpan makananan dan minuman agar tetap segar dan tahan lama.

Selain itu, lemari es juga sering di gunakan oleh pelaku bisnis seperti restoran, cafe, dan bisnis lainnya, Kulkas salah satu elektronik yang mudah rusak, oleh karena itu, berikut artikel mengenai cara merawat kulkas agar tidak mudah rusak. Tak jarang kulkas lupa dari perawatan terjadwal, entah itu sibuk ataupun malas. Padahal jika rajin merawatnya masa pakai bisa lebih lama, dan jarang memanggil tukang service kulkas.

service kulkas di bandung

Beberapa kasus kerusakan yang pernah kami tangani timbul akibat jarang dilakukan perawatan yaitu kulkas tidak dingin, kompresor pendingin rusak, kulkas mati total, dan beberapa kerusakan lainnya.

Oleh karena itu, https://bintangteknikservice.com memberikan beberapa tips cara merawat kulkas agar awet dan dapat dipakai lebih lama. Tips ini terutama bagi rumah tangga karena biasanya jika kulkas untuk bisnis, sudah ada bagian/karyawan yang melakukan perawatan tersendiri.

Cara Merawat Kulkas agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

1. Membersihkan Bagian dalam Kulkas

Bersihkanlah bagian dalam kulkas minimal dalam sebulan satu kali, agar tetap bersih dan kotoran-kotoran yang menempel pada bagian-bagian dalam hilang. Dalam melakukan pembersihan interior, tidak harus matikan kulkas terlebih dahulu. Kulkas dalam keadaan menyala pun dapat dilakukan pembersihan. Gunakanlah lap dan cairan pembersih piring untuk membersihkan interior kulkas. Jika didalam kulkas terdapat aroma yang tidak sedap, dapat dibersihkan dengan menggunakan baking powder yang telah dilarutkan dalam air.

2. Simpanlah Botol Air (Jangan sampai Kosong)

Pada saat kulkas kosong (tidak menyimpan sesuatu), ia akan tetap melakukan pendinginan sesuai suhu yang telah diatur namun kulkas tersebut akan beroperasi lebih ekstra untuk mempertahankan suhu yang telah diatur tersebut dan bisa menjadi boros listrik. Oleh karena itu, penyimpanan botol yang berisi air berfungsi untuk membantu menjaga suhu kulkas dan tidak boros listrik alias hemat listrik.

3. Jaga Suhu Kulkas

Dalam kulkas biasanya terdapat kotak freezer yang berguna untuk membekukan suatu bahan seperti es, makanan, dan lainnya. Nah, cek apakah penutup kotak freezer tersebut masih berfungsi dengan baik dan rapat. Jika tidak rapat, maka suhu dalam freezer bisa mempengaruhi suhu dalam kulkas. Selain cek kotak freezer, cek juga karet penutup kulkas (biasanya ada di samping pintu kulkas). jika kurang baik silahkan ganti agar suhu kulkas tetap stabil.

4. Membersihkan Kondensor

Bagian penting yang perlu dibersihkan yaitu dari lemari es adalah kondensor, Sebelum membersihkannya,harap matikan kulkas terlebih dahulu agar tidak ada aliran listrik. Mematikan kulkas juga untuk membantu proses pelepasan panas menjadi lebih maksimal. Bersihkan kondensor dari debu dan kotoran-kotoran lainnya.

Penutup

4 tips cara merawat kulkas ini, semoga dapat menjadi referensi Anda saat ingin melakukan perawatan kulkas secara berkala. Apabila melakukan perawatan secara berkala, maka kulkas Anda akan awet, tahan lama dan tidak mudah rusak.jika kulkas sudah terlanjur mengalami kerusakan anda bisa konsultasikan ke Bintang Teknik Service.

Leave a Reply